Ibukota – Wakil Menteri Perekonomian Kreatif/Wakil Kepala Badan Sektor Bisnis Kreatif (Wamenekraf/Wakabekraf) Irene Umar mengapresiasi membuka Global Game Jam (GGJ) 2025 juga mengupayakan gim buatan lokal untuk mendunia.
"Ini sesuatu yang digunakan sangat spesial. Saya tahu persis seperti apa para pejuang ekraf yang dimaksud miliki kepintaran terhadap gim mampu menumbuhkan semangat lebih besar besar untuk memproduksi jaringan gim lokal makin dikenal,” ujar Wamenekraf Irene pada keterang pers yang dimaksud diterima, hari terakhir pekan (24/1).
Wamen Irene mengungkapkan sudah ada tidak zamannya lagi memandang gim sebagai kegiatan yang dimaksud membuang-buang waktu, justru dewasa ini pangsa gim, apalagi buatan lokal, harus didorong untuk mendunia.
Dalam kunjungan kerjanya itu, Wamenekraf Irene didampingi Kasubdit Pemasaran kemudian Komersialisasi Gim Kemenekraf Iman Argiyono. Wamenekraf Irene mengumumkan Indonesia selalu dilihat sebagai market yang dimaksud sangat besar untuk pengembangan gim ke depan. Gim-gim lokal harus mulai diciptakan sehingga ekosistem meningkat kemudian makin kuat dari sisi kreativitas juga pengembangan tanpa batas.
Kemenekraf sangat menggalang subsektor ekraf gim dengan penempatan game corner pada Bandara Soekarno-Hatta lalu pengalaman menyenangkan bermain PlayStation ketika berubah jadi tamu dalam Artotel yang dimaksud menjadi alternatif pilihan ketika liburan.
"Main gim itu dapat melatih fokus. Hal ini waktunya kita dapat showcase buat gim lokal agar berbagai pemukim yang dimaksud mau main gim. Global Game Jam 2025 berubah menjadi acara bareng yang tersebut seru untuk share ide tentang gim yang digunakan akan dibuat prototipenya kemudian regenerasi talenta kreatif dari area akan berkembang. Dari sini, ekonomi kreatif berkembang serta bisa saja jadi penggerak bangsa," imbuh Wamenekraf Irene.
GGJ merupakan turnamen tahunan berskala global yang mempertemukan para pengembang gim dari bervariasi latar belakang untuk menciptakan gim di waktu terbatas selama 48 jam. Audien akan membentuk grup dengan tema yang mana ditentukan.
Rangkaian acara dimulai dari matchmaking hingga berakhir prototyping. Tahun ini, GGJ dilaksanakan di 12 kota, di antaranya Bogor.
GGJ 2025 bermetamorfosis menjadi turnamen seperti hackathon untuk mencari prospek game developer kemudian membuka kesempatan pengembangan gim lokal dalam Bogor.
Para partisipan akan kolaborasi untuk tukar ilmu lalu pengalaman terkait gim lokal lalu harus menciptakan gim pada waktu singkat sesuai tema yang dimaksud diusung tahun ini yaitu BUBBLE.
Pada momen membuka GGJ juga dikerjakan serah terima katalog atau buku terkait kemungkinan gim lokal yang digunakan akan membuka subsektor kegiatan ekonomi kreatif khususnya pengembang permainan untuk menciptakan gim berkualitas.
Rispiaga sebagai Kepala Area Industri Wisata Provinsi Jawa Barat menyatakan harapannya para komunitas atau kontestan yang dimaksud bergabung Global Game Jam 2025 bisa jadi semangat pasca dapat insight baru dari Wakil Menteri Kondisi Keuangan Kreatif yang mana berpengalaman di pengembangan gim lokal.
"Ini sebagai bentuk aktivasi dengan konsep pentahelix untuk mengembangkan bidang gim ke Indonesia. Apalagi acara ini dilaksanakan ke Bogor Creative Center yang dimaksud juga dikelola segera oleh komunitas sehingga semua pihak bisa saja berkolaborasi memperluas jejaring serta mendapat pengalaman berharga," katanya.
Artikel ini disadur dari Apresiasi Wamenekraf demi gim lokal makin dikenal